ABSTRAKSI
Game sebagai media hiburan telah
berkembang dengan pesat seiring dengan berkembangnya juga teknologi. Salah satu
unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan
kecerdasan buatan, diharapkan elemen-elemen dalam game dapat berperilaku
sealami mungkin layaknya manusia, salah satu contoh game yang menggunakan
kecerdasan buatan adalah Fighter game.
Fighter game adalah permainan video game yang memperlihatkan
pertarungan dua tokoh meskipun ada beberapa game
yang menciptakan pertandingan dengan jumlah kontestan lebih dari dua, tetapi
pada dasarnya kondisi yang diciptakan adalah pertarungan disebuah arena atau
tempat secara langsung. atau petarungan yang berusaha saling
mengalahkan. Gerakan tokoh dalam sebuah faighter game sangat penting untuk
menunjukkan tindakan atau karakter yang dimainkan. Saat ini banyal fighter game
yang menampilkan pertarungan berbasis seni beladiri. Gerakan-gerakan fighter
adalah pukulan dan tendangan.
I.
PENDAHULUAN
Jika kita menyimak kilas balik sejarah pembuatan game dan
mesinnya, ternyata cukup menarik untuk diperhatikan. Mungkin tidak banyak
orang-orang yang mengetahui siapa pelopor mesin game atau bagaimana
persaingannya antar perusahan game. Lewat kilas balik kita bisa terheran-heran,
terkagum-kagum dan tersenyum lucu melihat bentuk-bentuk mesin game bahkan
gamenya sendiri.
Memang tidak sedikit orang-orang khususnya orang tua dan
guru yang berpikiran kolot meremehkan bahkan menganggap game itu tidak berguna
sama sekali. Padahal mereka tidak sadar akan kesalahan mereka yang berakibat
fatal karena hanya memandang game dengan sebelah mata bahkan tertutup mata
mereka secara keseluruhan.
Dewasa ini, banyak orang – orang bahkan mungkin anda
menganggap game itu terkesan kekanak – kanakan. Tapi jika anda berfikiran
seperti itu, itu sebetulnya merupakan sesuatu kesalahan yang sangat besar dan
fatal. Tahukah anda bahkan ada orang yang berumur lebih dari enam puluh tahun
yang masih bermain game? Padahal jikalau seandainya kita pikir, itu merupakan
usia yang sangat tua bahkan lansia untuk bermain game. Tetapi di Indonesia ini
kamipun bingung dan bimbang kenapa masih saja ada orang yang menganggap game
itu kekanak – kanakan. Mungkin itu karena mereka cuma mengambil dampak negatif
saja dari game tersebut. Padahal sebetulnya, game itu sangat penting peranannya
dalam kehidupan sehari – hari anda,Contohnya, dikehidupan sehari-hari
banyak sekali terjadinya perkelahian dan menimbulkan banyak korban, untuk
berupaya mencegah kejadian itu terus terulang makanya kami membuat game fighter
untuk melampiaskan perkelahiannya didalam virtual game agar tidak menimbulkan
korban
Secara tidak
langsung game dapat menumbuhkan dan melatih kreatifitas,daya
ingat,inovasi,misalnya pada saja seseorang yang biasa memainkan game
strategi,ketika dia dihadapkan dengan suatu masalah di kehidupannya maka secara
tidak langsung naluri gamers dirinya akan dipanggil untuk menentukan strategi
apa yang dipakai dalam menghadapi masalah yang dihadapinya agar masalahnya
dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien juga tidak menimbulkan kerugian
bagi dirinya dan orang lain.
Dalam rangka memperoleh informasi dan
mendapatkan data yang diingkan,penulis telah melakukan interview dengan para
gamer,penulis juga mengambil beberapa referensi dari buku-buku dan tutor
pemrograman.
Bahasa pemrograman yang digunakan dalam
pembuatan video game ini adalah Bahasa pemrograman Prolog,text editor yang
digunakan adalah Strawbery prolog 2.9
- Membuat media
hiburan
- Melatih
kreatifitas,daya ingat,dan inovasi
- Merubah sudut
pandang orang tentang game bahwa tidak selamanya bermain video game itu
bernilai negatif,banyak nilai-nilai positifnya jika kita tidak memandang
sebelah mata
II. Pembahasan
2.1
Algoritma
Algoritma
greedy merupakan jenis algoritma yang menggunakan pendekatan penyelesaian
masalah dengan mencari nilai maksimum sementara pada setiap langkahnya. Nilai
maksimum sementara ini dikenal dengan istilah local maximum. Pada
kebanyakan kasus, algoritma greedy tidak akan menghasilkan solusi paling
optimal, begitupun algoritma greedy biasanya memberikan solusi yang mendekati
nilai optimum dalam waktu yang cukup cepat
Pada game Fighter copo ini mengguna AI (Artificial
Intelegence) dengan menerapkan algoritma greedy dinama AI akan mencari poin
sebanyak-banyaknya dengan tujuan menjatuhkan lawan,AI akan mergerak maju sampai
mencapai batas jarak untuk melancarkan serangan
Yang dilakukan
AI :
1. Pengecekan Status Jarak, jika si AI akan mebergerak terus sampai mencapai
batasan melancarkan serangan.
2. Pengecekan HP, jika HP dari lawan masih ada maka AI akan terus melancarkan
serangan sampai HP lawan benar-benar habis.
Berikut ini adalah algoritma yang
digunakan untuk Command Skill secara umum:
1. Inisialisai Target.
2. Pemberian nilai animasi dan efek suara.
Berikut ini adalah algoritma yang
digunakan untuk Command Skill yang bersifat offensif, yaitu Skill yang
mengurangi HP(Target), mengurangi MP(Target),Penghitungan efek Skill yang
tergantung dari SPR(Caster) dikurangi SPR(Target) atau STR(Caster) dikurangi
DEF(Target) :
-
Penghitungan point dari efek Skill(Tendang dan Pukul).
-
Penambahan atau pengurangan HP atau MP.
- Pengecekan HP, jika HP melebihi MaxHP, maka HP sama dengan MaxHP. Jika HP
kurang dari 0, maka HP sama dengan 0.
- Pengecekan MP, jika MP melebihi MaxMP, maka MP sama dengan MaxMP. Jika MP
kurang dari 0, maka MP sama dengan 0.
2.2
RULES
Ada beberapa aturan dalam permainan
ini, antara lain :
1. Permainan terdiri dari beberapa
option yaitu easy,normal,hard,setiap option AI memiliki
kecepatan,kekuatan,dan serangan yang berbeda-beda tergantung pada lvl yang
dipilih
2. Diawal permainan kedua petarung
dibekali HP yang sama .
3. Pemain ataupun komputer harus
melancarkan serangan berupa pukulan atau tendangan dengan tujuan memperoleh
poin sebanyak-banyaknya guna meraih kemenangan
4. Pemain dan komputer(AI) diberi
kesempatan melancarkan serangan untuk mendapatkan poin hingga HP=0,juka ada
petarung yang Hpnya=0 maka pertarungan selesai
5. Di akhir pertarungan kemenangan
diberikan kepada petarung yang memiliki poin terbanyak dan berdiri paling
akhir.
2.3
GOAL
Tujuan (goal) untuk menyelesaikan permainan ini adalah mencari Pemenang dalam
pertarungan satu lawan satu.
Terdapat beberapa kondisi yang
mungkin terjadi pada permainan ini, yaitu :
1.
KONDISI MENANG
Kondisi menang terjadi apabila
petarung memperoleh poin terbanyak dan berdiri paling akhir dalam pertandingan.
2.
KONDISI KALAH
Kondisi kalah dapat terjadi karena
HP=0 dan poin yang diperoleh tidak lebih banyak dari lawan.
Categories: