Andre Hasra Putra
5041178
3IA03
Pada kali ini kami akan memposting sebuah game yang telah kami modifikasi,
dengan menggunakan aplikasi strawberry prolog, game ini di beri nama oleh kami
adalah "Fighter Copo", game ini di modifikasi oleh: Agus triyono,
Andre hasra putra, Marhala, dan Muhammad setiawan
Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau disebut juga sebagai bahasa non-procedur. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkain perintah untuk dijalankan komputer.
Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensional sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, BASIC, COBOL dan bajasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang disebut heuristik (heuristic) dengan menggunakan pohon logika.
Perbedaan Prolog dengan Bahasa Lain:
Hampir semua bahasa pemrograman yang ada pada saat ini seperti Pascal, C,
Fortran, disebut procedural language untuk menggunakan bahasa tersebut
diperlukan algoritma atau procedure yang dibuat untuk menyelesaikan masalah.
Program dapat menjalankan procedure yang sama berulang-ulang dengan data
masukkan yang berbeda-beda. Procedure serta pengendalian program sepenuhnya
ditentukan oleh programmer dan perhitungan yang dilakukan sesuai dengan
procedure yang telah dibuat. Dengan kata lain, Pemrograman harus memberi tahu
komputer bagaimana komputer harus menyelesaikan masalah.
Prolog mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan bahasa yang disebutkan di
atas, prolog disebut sebagai object oriented language atau declarative
language. Dalam prolog tidak terdapat prosedur, tapi hanya tampilan data-data
object (fakta) yang akan diolah dengan relasi antar object tersebut yang
membentuk suatu aturan. Aturan-aturan ini disebut HEURISTIK dan diperlukan
dalam mencari suatu jawaban, dengan kata lain, prolog dalam prolog adalah
database.
Pemrogram menentukan tujuan (Goal) dan komputer akan menentukan bagaimana cara
mencapai tujuan tersebut serta mencari jawabannya. Caranya dengan menggunakan “Formal
Reasoning” yaitu membuktikan cocok tidaknya tujuan dengan data-data yang telah
ada dan relasinya. Prolog memecahkan masalah seperti yang dilakukan oleh
fikiran manusia.
Dengan demikian, Prolog sangat ideal untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur
dan yang prosedur pemecahannya tidak diketahui, khusunya untuk memecahkan
masalah non numeric.
Cara memainkan game ini:
game dimulai dengan start dan game ini terdapat 3(tiga) tingkat kesulitan
yaitu: easy,medium,hard, perbedaan kesulitan terlihat dari kecepatan
gerakan lawan dan kemampuan,didalam game ini terdapat dua karakter,
karakter yang kami buat menggunakan anggota kelompok ini, yaitu Agus triyono
dan Andre hasra putra, game ini bisa melakukan pukulan dan tendangan, jika
kalah maka akan muncul score, karakter yang menang dan tulisan lose